Empat Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Pisang Merah



Arif Sodhiq - Kamis, 13 Agustus 2020 | 20:00 WIB


pisang merah, buah, hortikultura sariagri, Berita Hortikultura, pertanian Hortikultura, pertanian Hortikultura, Berita Hari Ini, Berita Indonesia, Berita Dunia


Pisang merah mengandung banyak beta karoten dan vitamin C dibanding pisang biasa.


SariAgri - Pisang merupakan salah satu buah yang populer dikonsumsi masyarakat. Pada umumnya masyarakat mengenal pisang adalah buah berwarna kuning, namun belakangan ini pisang merah semakin populer karena memiliki nilai gizi tinggi. Pisang merah disinyalir lebih unggul dari pisang kuning dalam kandungan nutrisinya.


Pisang merah mengandung banyak beta karoten dan vitamin C dibanding pisang biasa. Beta karoten dapat mencegah penebalan arteri dan melindungi tubuh dari serangan kanker dan penyakit jantung.


Menurut pakar kesehatan, asupan beta karoten harian bermanfaat bagi tubuh. Pisang merah juga kaya akan serat dan menyediakan sekitar 16 persen dari jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari.


Baca Juga: Tak Hanya Cantik, Bunga Rosella Punya Banyak Manfaat
Ahli: Gelar Buah Nasional Tak Efektif Jika Hanya Setahun Sekali


Dilansir dari boldsky.com, berikut manfaat yang diberikan dengan mengonsumsi pisang merah:


1. Mencegah batu ginjal


Pisang merah kaya akan kandungan kalium yang mencegah pembentukan batu ginjal, penyakit jantung dan kanker. Ini membantu dalam retensi kalsium dan meningkatkan kesehatan tulang. Makan pisang secara teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal.


2. Membantu menurunkan berat badan


Kandungan vitamin dan antioksidan yang kaya dalam pisang merah meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Ini menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan juga mempertahankan kadar glukosa dalam darah. Memenuhi kebutuhan harian vitamin B6, kekerungan vitamin B6 dapat menyebabkan anemia.


3. Sumber energi


Pisang merah menyediakan sumber energi instan. Pisang merah dapat mengubah gula alami menjadi energi. Ini dapat mencegah kelesuan dan bisa dijadikan salah satu asupan sarapan yang baik untuk memulai aktifitas.


4. Meredakan penyakit jantung


Mengonsumsi pisang merah secara teratur memberikan efek menenangkan dan direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung. Pisang merah memiliki efek antasid yang dapat meredakan sakit jantung. (Arif Ferdianto)



Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh

Mengenal Kafein dan Manfaat Besar Ketika Mengonsumsinya

Ekspor 'Si Emas Hijau' Digenjot, Kemendag Kerahkan Atase Perdagangan